Bagaimana Cara Mengajari Anak Belajar Berbagi?

Selasa, 7 Agustus 2018

Saat Good Kids duduk di bangku sekolah dasar, ia perlu terus belajar sharing atau berbagi dengan orang lain. Berbagi mengajari anak berbagai konsep, termasuk  konsep berkompromi dan berkeadilan. 

 

Anak belajar, jika memberi sedikit kepada orang lain, ia bisa mendapatkan sebagian dari yang ia inginkan juga. Anak yang berbagi juga belajar cara bergiliran, bernegosiasi, dan mengatasi kekecewaan. Ini semua adalah keterampilan hidup yang penting. Banyak manfaat yang bisa dirasakan anak saat berbagi dengan teman dan saudaranya (klik di sini untuk membaca manfaatnya). 

 

Bagaimana cara mengajari anak belajar berbagi? Betul, anak belajar berbagi banyak dari hanya melihat apa yang dilakukan orang tua mereka. Ketika Moms menjadi panutan yang baik: kerap berbagi dan selalu sabar menunggu giliran, itu memberi contoh baik untuk diikuti. 

 

Tentu Good Kids juga membutuhkan kesempatan untuk terus belajar berbagi. Berikut ini adalah cara mengajari anak belajar berbagi: 

 

Tunjukkan berbagi itu perbuatan terpuji. 

Moms dapat mengatakan hal-hal seperti, “Lihat, Adys mau meminjamkan buku catatannya ke Audrey. Adys baik banget, ya?”

 

Beri pujian.

Ketika melihat Good Kids berbagi, pastikan memberi banyak pujian dan perhatian padanya. “Mama suka, deh, waktu Kakak meminjamkan Aziz spidol Kakak!”

 

Belajar dari bermain.

Moms dan Good Kids dapat melakukan permainan yang melibatkan konsep berbagi dan bergiliran: “Sekarang giliran Mama membangun menara, maka giliran Kakak  berbagi balok merah dengan Mama, dan Mama akan berbagi balok hijau  dengan Kakak.”

 

Undang beberapa temannya untuk belajar bersama.

Sesekali ajak teman anak belajar atau bermain ke rumah. Sebelum kawan-kawannya datang, ajak anak berbicara tentang konsep berbagi ini. “Nanti waktu Fayed dan Hazel datang, Kakak perlu meminjamkan beberapa mainan, ya.” Lalu tanyakan mainan apa yang ingin ia pinjamkan.

 

Hindari pemaksaan.

Jika anak belum mau berbagi, misalnya dengan meminjamkan mainan favoritnya kepada temannya, tak perlu dipaksa. Untuk Moms mungkin itu hanya sebuah mainan, namun untuk Good Kids itu adalah koleksi berharga. Hormati kepemilikannya. Cari alternatif mainan lain yang mungkin ia pinjamkan kepada temannya. 

 

Nah, siap mengajari anak belajar berbagi? Secara bertahap dan dengan sedikit bantuan dari orang tua, anak belajar bahwa kehidupan akan berjalan lebih lancar, jika ia mau berbagi dengan sesama.

 

Penulis: Hanny

 

 

 

Referensi:

  • www. raisingchildren.net.au/
  • www.askdrsears.com

Editor: Imelda