Yuk, Ajak Anak Baik Bantu Bersih-Bersih Rumah

Kamis, 4 Juli 2019

Dengan ikut membantu bersih-bersih rumah, Anak Baik akan belajar tanggung jawab. Dan tentu saja, bantuan mereka sedikit banyak bisa meringankan perkerjaan Ibu. Tapi apakah anak-anak mau? 

 

Jangan khawatir, kita semua, bahkan anak-anak, perlu merasa dibutuhkan. Dan itu akan membuat mereka senang.

            

Nah, saat mengajak mereka bersih-bersih rumah, jangan memaksakan kesempurnaan,ya,Bu. Santai saja, sehingga Ibu tidak gregetan dan ingin mengambil alih tugas mereka. 

 

Mereka dalam proses belajar, jadi wajar kalau pekerjaan tidak rapi dan masih sedikit kotor. Kalau Ibu membantu, malah akan merusak seluruh inti pembelajaran.

             

Jangan juga berpikir kalau anak masih terlalu kecil. Meski masih balita, Anak Baik sudah bisa diajak melakukan perkerjaan rumah sederhana, kok. 

 

Nah, ini contoh tugas-tugas yang bisa dilakukan anak per usia:

 

Anak 4—6 Tahun

  • Merapikan tempat tidur

Sekali lagi, Anak Baik belum bisa melakukannya dengan sempurna, tapi bagaimanapun usaha Anak Baik akan terlihat jauh lebih baik daripada tempat tidur selalu dibiarkan berantakan. Dengan latihan terus, kelak dia akan bisa  menyusun bantal, guling, merapikan seprai dan selimut dengan lebih rapi.

 

  • Melipat waslap, lap, dan kaus kaki

Pisahkan cucian bersih yang kecil-kecil, seperti waslap, lap, pakaian dalam, dan kaus kaki untuk diberikan pada Anak Baik. Mohon selalu diingat, awalnya dia mungkin kelihatan ceroboh saat melipat, tapi lama-lama akan lebih apik, kok.

 

  • Membereskan mainan

Sebelum tidur, minta Anak Baik untuk selalu membereskan mainannya. Siapkan beberapa wadah untuknya menaruh mainan besar dan mainan yang lebih kecil, sehingga bisa lebih teratur.

 

Anak 6—7  tahun ke atas

  • Membersihkan debu

Ini artinya membersihkan debu dengan kemoceng dari permukaan meja hingga perabotan-perabotan di atasnya, dan kemudian mengembalikan semua di posisi semula. Tugas ini memang agak rumit karena terkadang anak perlu membersihkan perabotan pecah belah. Biasanya anak 7 tahun sudah bisa dilatih untuk ini.

 

  • Mencuci Piring

Tak perlu semua piring dicuci karena biasanya sehabis makan siang/malam cucian akan menumpuk. Beri tanggung jawab pada Anak Baik untuksetidaknya mencuci piring dan gelasnya sendiri.

 

  • Menyuapi adik  

Sebelum adiknya belajar makan sendiri, Anak Baik dapat membantu menyuapinya. Awalnya bisa dicoba makanan yang sedikit dulu, seperti saat si adik makan pisang atau pepaya. Baru setelah si kakak lebih lihai, ia bisa menyuapi adiknya nasi. 

 

Penulis: Hanny

Editor: admin