Manfaat Yang Kamu Rasakan Saat Berbagi Dengan Teman dan Saudara

Rabu, 2 Mei 2018

Kamu pasti sudah sering banget mendengar kalau berbagi itu merupakan perbuatan yang sangat mulia. Ada juga sih yang berpandangan sebaliknya. Bahwa saat berbagi, kita akan kehilangan sesuatu. Contoh, kalau berbagi kue, bukankah kita akan kehilangan setengah dari kue itu? Argumen itu enggak salah, bila fokus kita hanya pada kerugian.

Namun konsep berbagi lebih dari itu. Penelitian menemukan bahwa ketika kita berbagi, otak akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini sering disebut sebagai hormon kebahagiaan karena dapat meredakan stres. Ini artinya dengan berbagi, kita dapat meningkatkan kesejahteraan diri kita.

Seperti kamu juga tahu, yang dimaksud berbagi itu tak sekadar berbagi materi, namun juga berbagi cerita, perhatian, waktu, dsb. Masih penasaran manfaat dari berbagi dengan orang lain? ini dia beberapa di antaranya:

 

Berbagi Membuat Kita Bersyukur

Pernah enggak kamu kebingungan, lalu ada orang yang menolongmu? Contoh, saat kamu enggak bawa hape padahal perlu banget menelepon, lalu ada teman yang mau meminjamkan padamu. Apa yang kamu rasakan? Senang, bahagia, bersyukur, bukan? Itu juga yang akan orang rasakan, saat kamu berbagi dengannya. 

 

Berbagi Membuat Hidup Lebih Menyenangkan

Ketika tim basketmu menang dalam pertandingan, kebahagiaanmu akan semakin lengkap kalau dibagikan pada orang lain. Enggak heran, kamu segera akan menelepon Mama, Papa, saudara, dan teman-temanmu. Ini menunjukkan bahwa berbagi (cerita) juga memberi kamu kesempatan untuk merayakan sebuah pencapaian.

 

Berbagi Berarti Kita Tidak Sendirian

Mungkin kamu pernah mengalami, saat kamu sedih banget habis dimarahi oleh gurumu, rasanya lebih plong setelah kamu curhat pada teman-temanmu. Berbagi cerita membuat rasa sakit di hati bisa mereda karena kita merasa tidak sendirian, merasa ada yang memahami dan menerima kita apa adanya.

 

Berbagi Membuat Kita Lebih Pintar 

Kalau kamu jago matematika, jago bahasa Inggris, atau jago dalam pelajaran apa pun, mungkin ada keengganan mengajari teman atau saudaramu yang belum paham, karena khawatir mereka akan jadi pesaingmu. Yang perlu kamu tahu, ketika kamu berbagi pengetahuan, kamu justru akan jauh lebih pintar. Sebab dengan menjelaskan sebuah materi pelajaran, kamu akan mengingat lebih baik dan semakin memahami materi tersebut. 

 

Nah, hari ini apa yang akan kamu bagikan pada teman atau saudaramu?

 

Penulis: Hanny

Editor: Imelda