6 Hal Ini Bikin Anak Semangat Belajar

Rabu, 17 Januari 2018

Membuat anak-anak nyaman dan semangat belajar di rumah memang menjadi tantangan tersendiri buat good moms, ya.

Padahal, suasana belajar yang kondusif, yang memungkinkan anak menggunakan seluruh panca indranya dalam belajar, penting untuk ia mencapai hasil yang optimal.

Kabar baiknya, Moms, kondisi belajar seperti itu dapat diciptakan, dan tidak terjadi dengan sendirinya, kok.  

Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat Moms lakukan, untuk menciptakan kondisi belajar yang nyaman bagi anak di rumah:
 

  1. Bikin suasana hatinya senang. Mood yang baik bisa memengaruhi keberhasilan anak dalam belajar. Ketika suasana hatinya sedang tidak menyenangkan karena berbagai perasaan negatif, seperti sedih, tertekan, kecewa atau marah, konsentrasinya juga akan terpengaruh sehingga tidak fokus belajar.

 

  1. Temani saat anak belajar, dan berikan pujian atau komentar positif yang dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya. Kehadiran Moms juga dapat memberikan anak motivasi dan semangat untuk belajar, lho.

 

  1. Bebaskan ia belajar dengan gayanya sendiri. Ada anak yang mudah menerima atau menghafal pelajaran dengan mendengarkan, melihat, atau menggerakkan tubuh. Good kids termasuk yang mana? Jika ia lebih mudah menghafal atau belajar sambil menggerakkan tangan, biarkan saja ia menggerak-gerakan tangannya saat sedang menghafal.

 

  1. Buat ruang belajar yang nyaman, memiliki sarana belajar yang lengkap, dan bebas gangguan, seperti suara televisi, radio, kegaduhan orang bicara, bau tak sedap, dan lain-lain. Warna dinding yang cerah, seperti biru, putih, dan kuning, akan berpengaruh positif terhadap konsentrasi belajar, dan menimbulkan semangat serta keceriaan anak dalam belajar. Kenali juga suhu paling nyaman bagi anak agar dapat membantu ia berkonsentrasi belajar.

 

  1. Sesekali, ajak good kids belajar di udara terbuka. Belajar tidak harus selalu di ruangan tertutup. Suasana outdoor, seperti di teras belakang rumah, bisa membuat anak santai dan tidak bosan dalam belajar.

 

  1. Sajikan asupan yang sehat dan bernutrisi. Sebelum belajar, pastikan anak sudah makan secukupnya agar ia memiliki energi untuk berkonsentrasi belajar. Tapi, jangan terlalu kenyang, ya. Bila terlalu kenyang, biasanya ia akan lebih mudah mengantuk karena energi itu malah digunakan tubuhnya untuk mencerna makanan. Beberapa asupan yang bisa Moms siapkan, antara lain buah potong dengan saus cocolan, cracker dengan selai aneka rasa atau keju, roti isi daging atau sosis, keju, telur, selada, tomat, dan timun. Jangan lupa juga berikan susu dalam kemasan yang baik bagi kesehatan anak, dan praktis disajikan dengan rasa favorit mereka. 

 

Editor: Imelda