Tips Belajar Bersama

Selasa, 12 Desember 2017

Good Kids, apakah kamu suka belajar bersama?  

Selain seru dan asyik, belajar bersama atau belajar kelompok itu bisa menjadi alat yang hebat untuk kamu meningkatkan kemampuan belajarmu kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Nah, bagaimana caranya agar belajar bersama itu bisa meningkatkan kemampuan belajar? Catat ya!

  1. Ajak paling banyak tiga orang temanmu untuk bergabung membentuk kelompok belajar. Jangan lebih dari 3 orang ya, karena nanti malah tidak fokus belajar tapi jadi bermain.
     
  2. Pilih temanmu yang punya kepandaian di beberapa mata pelajaran yang berbeda sehingga kalian bisa saling mengajari dan membantu jika di antara kamu ada yang tak mampu dan tak bisa mengerjakannya.  
     
  3. Buat jadwal belajar bersama secara rutin. Tanyakan kepada teman-teman kelompokmu apakah jadwal belajarnya dibuat seminggu sekali, dua kali, atau tiga kali. Diskusikan dan cocokan harinya bersama-sama ya. Sepakati bersama agar jadwal itu benar-benar terlaksana.
     
  4. Setiap kali pertemuan sebaiknya pilih satu atau dua mata pelajaran yang ingin kalian bahas lebih dalam sehingga bisa lebih fokus dan menguasainya. Buatlah percobaan-percobaan dan peraturan unik serta  menarik untuk menambah keseruan dan keasyikan kalian belajar.
     
  5. Sediakan makanan kecil dan minuman segar ya, setiap kalian belajar bersama. Ini penting, lho! Supaya selama belajar, kalian tidak kelaparan dan kehausan, kan? Air putih dan camilan ringan saja boleh saja kok.
     
  6. Bermain bersama. Setelah belajar, luangkan waktu sebentar untuk kalian bermain bersama ya. Supaya tak bosan dan stress. Mainkan saja, permainan menarik yang bisa dilakukan bersama-sama kalau bisa yang membuat tubuh bergerak bebas, misalnya main bola bareng, main karet, main petak umpet, dan sebagainya.

Yuk, kita belajar bersama!

Editor: piens23