7 Sikap Penyebab Anak Dijauhi Temannya

Kamis, 18 April 2019

Apakah Anak Baik tampak dijauhi oleh teman-temannya, Bu? Ternyata, ada beberapa sikap yang jadi penyebab anak dijauhi teman-temannya. Mungkin saja, tanpa disadari, Anak Baik bersikap seperti di bawah ini, saat berinteraksi dengan teman-temannya. Yuk, bantu Anak Baik melakukan introspeksi diri, agar hubungannya dengan teman-temannya juga tetap terjaga dengan baik.

 

1. Sering berbohong

Orang yang sering berbohong umumnya egois dan tidak peduli dengan konsekuensi tindakan mereka pada orang lain. Secara alami, si pembohongakan dijauhi oleh teman-temannya karena tidak akan pernah bisa dipercayai sepenuhnya.(Baca: Begini Caranya Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong)

 

2. Curigaan

Misal, ada teman bilang kalau ia tidak bisa ikut kumpul karenaada acara keluarga. Orang yang curigaan bisa berpikir alasan inipalsu. Rasa curiga adalah normal dalam kasus-kasus tertentu, tetapi kalau keseringan bisa jadi masalah, salah satunya dijauhi teman. 

 

3. Suka memaksa 

Orang yang senang memaksaakan membuat orang lain tidak punya kesempatan untuk mengekspresikan keinginan mereka, itu tentu akan membuat frustrasi teman-temannya. 

 

4. Tidak mau berbagi/pelit

Pelit di sini bukan hanya tentang barang saja,tapi juga dalam hal bantuan. Si pelit umumnya tidak punya teman karena jarang menolong orang lain.Sekalinya menolong, iaakan sering mengungkit-ungkitnya.(Baca: Manfaat Yang Kamu Rasakan Saat Berbagi Dengan Teman dan Saudara)

 

5. Tidak mau meminta maaf

Ketika kita berbuat kesalahan, cara terbaik memperbaikinya adalah dengan meminta maaf dan belajar untuk tidak mengulanginya kembali. Seseorang akan dijauhi para temannya saat tidak mau mengakui kesalahan dan (lebih buruk lagi)  ia suka menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dilakukannya. Memang, tidak mudah meminta maaf dan terkadang ada konsekuensi yang harus ditanggung untuk itu, namun kita harus percaya bahwa kejujuran adalah hal yang paling baik.(Baca: 5 Langkah yang Bikin Anak Selalu Jujur dan Berani Mengakui Kesalahan)

 

6. Senang gosip

Awalnya ngegosip mungkin salah satu cara untuk memancing teman-teman berkerumun dan mendengarkan cerita seru si tukang gosip. Namun cepat atau lambat banyak teman tidak ingin bergaul dengansi tukang gosip, khawatir ia akan membocorkan apa pun yang mereka katakan.

 

7. Iri hati

Iri hati adalah perasaan tidak suka saat melihat kesuksesan atau keberuntunganteman-temannya. Si iri hati akan dijauhi temannya karena sering mengeluh tentang dunia yang tidak adil baginya dan terkadang menjadi pasif agresif sehingga bisa menciptakan konflik dalam persahabatan.

 

Penulis: Hanny

Editor: admin