Mengapa Kamu Sebaiknya Tidak Menyontek Saat Ujian Sekolah?

Kamis, 1 Maret 2018

Setuju banget, kalau kamu pasti punya keinginan untuk dapat nilai bagus dalam ujian. 

Tetapi kalau nilai itu diperoleh dengan cara nyontek, wah, enggak banget, deh. 

Kenapa? Karena kamu sendiri yang akan rugi. 

Ini 6 alasan mengapa kamu sebaiknya tidak menyontek saat ujian sekolah:

 

  1. Malu kalau ketahuan.

Bayangkan saat kamu sedang nyontek, lalu ada teman yang teriak, “Bu, si A nyontek, tuh, Bu...!” Duh, malu banget. Kamu tidak hanya dianggap sebagai anak malas, tapi juga tidak dapat dipercaya, egois, dan tidak cerdas. Ketika kepergok nyontek, bukannya nilai bagus yang kamu dapat, malah nilai jelek, karena umumnya guru akan memberi nilai 0 bagi si tukang nyontek.

 

  1. Nyontek itu sama dengan mencuri.

Mungkin kamu juga tahu bahwa nyontek itu sebenarnya perbuatan  tidak terpuji. Menyontek sama dengan mencuri, karena kamu sudah menyalin jawaban punya teman secara diam-diam.  Jangan lupa juga, dalam agama, kita dituntut menjunjung tinggi kejujuran. 

 

  1. Nyontek bikin stres.

Saat nyontek, kamu pasti khawatir tertangkap. Stres ini akan meningkat saat kamu kepikiran akan mendapat masalah di rumah atau menerima tindakan disipliner dari sekolah. Belum lagi kalau kamu selalu dibayangi kekhawatiran seseorang akan melaporkan kecurangan kamu. Ini bisa sangat menegangkan, dan kamu tentu tahu, stres berlebihan tidak baik untuk  kesehatan. 

 

  1. Bukan pemenang sejati.

Mungkin dengan nyontek, kamu akan mendapat nilai tinggi, bahkan lebih tinggi dari  rata-rata nilai di kelas kamu. Tapi sebenarnya, pemenang yang sejati adalah anak-anak yang tidak nyontek, karena mereka mengerjakan ujian dengan jujur dan fair.

 

  1. Enggak akan tambah pintar.

Dengan menyontek, tujuan dapat nilai bagus mungkin tercapai, tapi kamu enggak akan tambah pintar. Ini jelas merugikan karena pengetahuan-pengatahuan saat di sekolah akan berguna kapan pun dan di mana pun nanti kamu berada.  

 

  1. Mengancam masa depanmu.

Untuk meraih kesuksesan di masa depan, dibutuhkan pribadi yang tekun, penuh dedikasi, dan mau berkorban. Bagi yang hobi nyontek, sulit memiliki keterampilan hidup seperti ini, karena mereka terbiasa mencari jalan keluar  yang mudah dan tidak mau bekerja keras.

 

Nah,  jangan jadikan menyontek kebiasaan buruk. Kalau ingin dapat nilai bagus saat ujian sekolah, Good Kids perlu belajar sungguh-sungguh, bukan dengan nyontek. Setuju?

 

Penulis: Hanny

Editor: Imelda