Selain Uang, Ini Juga Bisa Disumbangkan ke Panti Asuhan

Kamis, 10 Mei 2018

Apakah kamu berniat memberi sumbangan ke panti asuhan, tapi merasa tidak punya cukup uang? Salut untuk niat mulia kamu ini, karena memang ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berbagi. Masalah kamu tak punya uang, seperti kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”, banyak cara lain untuk memberi sumbangan ke panti asuhan.  

Selain sumbangan uang, panti asuhan biasanya juga membuka sumbangan untuk barang-barang bekas yang masih layak pakai. Jadi, coba intip kamar kamu, kira-kira apa yang bisa kamu sumbangkan: kaus/kemeja/celana panjang yang sudah kekecilan, perangkat alat salat, mainan, buku, alat tulis (buku, pensil, tas), alat kreativitas (alat lukis, clay, dsb). Atau, kamu juga bisa menjadi relawan dan menyumbangkan waktu dan tenagamu. Cek di sini, kalau kamu tertarik menjadi relawan, ya.

Sekali lagi, pastikan semua barang itu masih layak pakai. Apabila ingin menyumbang dalam bentuk pakaian/baju bekas, periksa kalau pakaian itu tidak robek, tidak berlubang, masih bersih, dsb,  begitu pula dengan barang-barang yang lain.

Nah, sebelum kamu memberi sumbangan ke suatu panti asuhan, pastikan panti asuhan tersebut masih aktif. Catat nomor telepon dan alamatnya dengan jelas. 

Selanjutnya, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini:

  • Tanyakan melalui telepon berapa jumlah anak yang ada di sana dan mayoritas usianya. 
  • Kamu juga bisa menanyakan kebutuhan paling utama di sana: apakah baju, perangkat salat, alat tulis, atau lainnya. Syukur-syukur jika kamu bisa memberi sumbangan sesuai itu.
  • Infokan kepada pihak panti asuhan bentuk sumbangan yang akan kamu berikan.
  • Sumbangan biasanya dapat diberikan melalui jasa pengiriman, namun tentu akan jauh lebih baik kalau kamu sebagai penyumbang hadir saat memberikan bantuan. 
  • Jika kamu ingin mengunjungi panti asuhan tersebut, buat janji kunjungan terlebih dulu sebelum datang. 
  • Jadikan kegiatan memberikan sumbangan ini sebisa mungkin sebagai rutinitas kamu. Tak harus di saat bulan Ramadan, di bulan-bulan lain panti asuhan tetap membutuhkan bantuan. Berapa pun sumbangan kamu, sekecil atau sedikit apa pun, pasti akan di terima oleh seluruh panti asuhan. 

Semoga sumbangan kamu dapat memberikan banyak manfaat bagi yang membutuhkan! Amin!

 

Sumber: www.rumahyatimpiatu.com

 

Penulis: Hanny

Editor: Imelda