Lakukan Ini Untuk Membantu Anak Dapat Nilai Bagus Dalam Ujian

Rabu, 14 Maret 2018

Bahwa sesungguhnya nilai bukanlah segalanya, Good Moms tentu memahami hal tersebut. Karena itu, untuk membantu anak mendapat nilai bagus dalam ujian, yang dapat Moms lakukan adalah mendorong anak untuk selalu mencintai belajar

Dengan cinta belajar, Good Kids akan selalu menempa dirinya untuk maju, dan itu secara tak langsung, akan meningkatkan nilai-nilai pelajaran di sekolahnya.  

Tentang cara  yang lebih detail, tips-tips di bawah ini semoga dapat lebih membantu:

 

Pahami gaya  belajar anak

Gaya  belajar setiap anak yang  tidak sama, terkadang  dilupakan orang tua. Bagi kita, belajar itu mungkin harus selalu duduk diam berkonsentrasi, sambil mulut komat-kamit menghafal. Anak  yang belajar sambil  mendengarkan musik, dianggap tidak akan fokus. Atau jika anak corat-coret di kertas saat belajar, ia disangka sibuk menggambar. Padahal memang begitulah cara mereka berusaha memahami materi pelajarannya. Berbeda bukan berarti salah, kan, Moms? Dengan kita menghargai cara belajarnya, diharapkan Good Kids bisa menangkap materi pelajaran dengan lebih baik dan mendapat hasil maksimal. 

 

Gali minat anak pada pelajaran yang kurang disuka

Nilai terkadang terkait erat dengan minat. Beberapa anak yang berminat besar pada pelajaran IPA, misalnya, akan mendapat nilai tinggi karena menganggap materi tentang alam amat menarik. Sementara nilai untuk IPS jeblok, lantaran ia menganggap menghafal nama-nama pahlawan itu membosankan. Apa yang bisa Moms lakukan? Carilah strategi untuk menggali minatnya. Bila ia tak suka menghafal, cobalah cara belajar yang lebih menyenangkan, dengan bercerita atau ajak anak  menonton film-film yang bisa mendukung materi pelajarannya.

 

Tetapkan target

Target  bisa memotivasi anak.  Contoh, target nilai anak tidak ada yang di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Namun tetapkan target bersama anak dan buatlah sewajar mungkin. Saat nilai matematikanya 6,  tentukan target menjadi 7 atau 8, tak perlu langsung 10.  Target yang realistis akan membuat anak lebih terpacu dan lebih pede untuk mencapainya. 

 

Pastikan anak mengerjakan PR 

Sering kali nilai buruk yang diperoleh anak hanya karena ia kurang berlatih. Hal ini bisa diatasi dengan selalu mengerjakan PR-nya hingga tuntas. PR  akan  mengasah kemampuan Good Kids dalam menguasai materi suatu pelajaran. Jika anak berhasil menyelesaikan PR dengan kemampuan sendiri, maka kemampuan akademisnya tentulah akan meningkat.

 

Panggil guru les privat, bila perlu

Seperti halnya minat, setiap anak pun memiliki potensi berbeda.  Ada anak yang kemampuan ilmu hitungnya tak tinggi sehingga matematika “hanya” 6,  misalnya.  Namun  ini bukan berarti,  ia tidak dapat memperoleh nilai yang lebih bagus dalam pelajaran tersebut.  Sekali lagi,  belajar dapat mengasah kemampuan  anak. Bila perlu Moms dapat  memanggil guru les privat untuk membantu anak lebih fokus dalam belajar.

 

Tanamkan anak untuk selalu cinta belajar

Moms perlu menekankan kepada Good Kids bahwa belajar giat jauh lebih baik ketimbang mendapat nilai bagus. Ini artinya, anak harus menjauhi kebiasaan menyontek karena itu curang dan sangat tidak menjunjung kejujuran. Good Kids perlu memahami bahwa inti dari belajar, bukanlah untuk mengejar nilai bagus, namun karena memang belajar adalah bagian dari kehidupan. 

 

Penulis: Hanny

Editor: Imelda