Tugas-tugas Rumah yang Bisa Dikerjakan bersama Good Kids

Rabu, 15 November 2017

Bekerja sama dengan Good Kids

Akhir pekan di rumah adalah waktunya menghabiskan waktu bersama good kids. Berbagai kegiatan bisa dilakukan di dalam rumah bersamanya. Mereka pasti suka melakukannya dan menunggu-nunggu saat ibu mengajak.

Kegiatan bersama ini punya banyak manfaat lho buat good kids selain ibu mendapat tenaga bantuan ekstra, mereka pun bisa mengasah keterampilan motorik, belajar tanggung jawab, dan mandiri. Dan yang paling penting, ia akan merasa jadi bagian penting dalam keluarga.

Nah, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa good moms lakukan bersama anak-anak.

  1. Merapikan kamar
    Ibu tak perlu mengkritiknya langsung kalau hasilnya belum rapi sesuai harapan. Puji saja mereka dan ulangi lagi contohya supaya good kids bisa lebih mengerti dan senang hati. Coba cara ini untuk mengajak anak merapikan tempat tidurnya sendiri.
     
  2. Merapikan mainan
    Ajaklah anak untuk meletakkan mainannya kembali ke tempatnya. Buatlah permainan seru saat melakukannya agar anak tak merasa cepat bosan.
     
  3. Mencuci sepeda
    Kegiatan ini bisa menjadi indikator good moms belajar mengenal sampai di mana mereka tekun dan teliti dalam membersihkan sesuatu. Good kids juga bisa belajar bertanggung jawab; tidak hanya memakai tapi membersihkan juga.
     
  4. Menyapu dan mengepel lantai.
    Mulai saja dari kamarnya. Meski hasilnya kurang bersih, anggap saja latihan buatnya. Coba lakukan sambil bernyanyi atau menyetel musik favoritnya.
     
  5. Memasak
    Ajak good kids membantu di dapur. Berikan ia pekerjaan, seperti mencuci bahan masakan, memotong atau memetiki sayuran (bukan dengan pisau), dan mengambilkan bahan atau peralatan masak yang mudah dijangkau atau dibawanya. Ibu juga bisa memintanya untuk menyiapkan meja makan, lho.

Setelah melakukan aktivitas tersebut, tanyakan kepada mereka, bagaimana perasaan hati  dan pikirannya. Mintalah sedikit masukkan mengenai jenis kegiatan lain yang bisa dilakukan bersama untuk minggu berikutnya.

Nah, selamat bersenang-senang bersama anak-anak, ya.

Editor: Imelda