Kakak Adik Sering Bertengkar, Sikapi dengan Tips Ini

Senin, 5 Februari 2018

Setiap hari pasti ada saja yang jadi bahan keributan dan pertengkaran si kakak dan adik di rumah, bahkan untuk hal-hal yang sepele.

 Padahal, meski mereka sebenarnya saling menyayangi satu sama lain, tetapi rasanya hidup kurang lengkap kalau tak ribut sehari saja.

 Berbagai macam cara juga rasanya sudah Anda lakukan. Ah, tetapi yang namanya pertengkaran antara mereka, pasti tetap terjadi.

 Meski kerap melelahkan, apalagi jika pertengkaran itu terjadi sesaat Anda baru tiba di rumah sepulang bekerja, tetapi harus diakui, Anda jadi selalu kreatif mencari berbagai cara untuk menghadapi pertengkaran mereka, kan?

 

Menurut para psikolog tumbuh kembang, perselisihan atau pertengkaran antara kakak adik adalah hal yang sangat wajar terjadi di dalam keluarga.

 Dinamika ini sebenarnya dapat mengasah good kids untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan bekerja sama mereka.

 Namun tentu saja, pertengkaran antarsaudara tersebut perlu disikapi dengan tepat, agar anak-anak dapat menikmati manfaatnya.

 

Kehadiran Anda dan suami saat mereka bertengkar bukan sekadar biar kegaduhan mereda. Jangan pula Anda malah baik memarahi anak-anak karena bertengkar.

 Untuk itu, ajarkan kepada si kakak arti “kakak” dan “adik”. Misalnya, Anda bisa mengatakan, “Kakak sudah lebih besar. Dulu waktu Kakak masih kecil seperti adik juga sering begitu.”

 

Bisa juga Anda membuat si adik teralihkan perhatiannya dari benda atau sesuatu yang diributkan dengan kakaknya. Hal itu bertujuan agar adu mulut dan pertengkaran besar antara mereka berdua bisa dihindarkan.

 

Selain itu, ada baiknya juga Anda mengajak si kakak menjadi asisten Anda, yang membantu adik bermain. Jangan lupa berikan pujian bagi mereka berdua karena telah bekerja sama dalam permainan.

 

Sederhana, kan, Moms

Editor: piens23