5 Cara Agar Puasa Terasa Menyenangkan Untuk Anak

Kamis, 16 Mei 2019

Sepakat, kan, Bu, kalau Anak Baik perlu memiliki pengalaman berpuasa yang berkesan dan tak terlupakan? Ibu dapat merencanakan satu atau dua hal kecil setiap hari untuk membantu membangun ingatan positif anak akan Ramadan, sehingga di tahun-tahun mendatang bulan penuh berkah ini akan menjadi waktu khusus yang mereka tunggu-tunggu. Banyak cara agar puasa terasa menyenangkan untuk anak, 5 tips di bawah ini contohnya:

 

  • Ajak pergi ke masjid

Pergi ke masjid untuk salat Tarawih bisa memberi Anak Baik suatu pengalaman spiritual yang tak terlupakan. Di sini Anak Baik dapat bertemu dengan teman-teman sebayanya dan mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman berpuasa dengan mereka. (Baca juga: Mulai Umur Berapa Anak Bisa Diajak Belajar Puasa?)

 

  • Membaca doa di depan kakek nenek

Doronglah Anak Baik  agar semakin rajin beribadah sepanjang bulan Ramadan. Bisa dengan menghafal berbagai doa baru dengan cara yang menyenangkan, misalnya. Ajarkan suatu doa pendek, lalu minta ia membaca di depan seluruh anggota keluarga, bahkan saat Kakek Nenek datang ke rumah. Ini akan membuatnya bangga. Mulailah dengan ayat-ayat yang mudah dan pendek lalu meningkat pada ayat-ayat yang lebih panjang pada akhir bulan Ramadan.

 

  • Salat berjamaah

Dengan mengajak anak salat berjamaah, Anak Baik akan melihat bagaimana Ibu dan Ayah selalu khusyuk dalam beribadah. Setiap orang tua akan selalu menjadi panutan bagi buah hatinya. Ini menjadi bermakna karena Anak Baik perlu mengetahui pentingnya beribadah sebagai bagian dari rutinitas mereka. Mengajar anak-anak untuk rajin beribadah, sama pentingnya dengan mengajar mereka cara berjalan, cara berbicara, cara menghargai orang lain, dsb.

 

  • Buatkan toples amal

Ajak anak untuk menghiasi toples kaca dengan pita cantik. Lalu minta ia untuk mengumpulkan uang receh di toples tersebut sepanjang Ramadan ini. Uangnya bisa hasil dari pemberian kerabat atau sisa uang jajannya. Pada akhir bulan, biarkan Anak Baik menyumbangkannya untuk amal. Kegiatan ini mengajarkan aspek penting Ramadan, yakni perlunya berbagi dan menolong orang lain. Ketika berbagi dan menolong orang lain, anak akan memetik suatu pelajaran berharga, bahwa kebaikan akan selalu membawa senyum di wajah orang lain. (Baca juga: Selain Uang, Ini Juga Bisa Disumbangkan ke Panti Asuhan)

 

  • Libatkan saat sahur dan berbuka 

Minta Anak Baik melakukan hal-hal sederhana saat sahur dan berbuka, seperti menyiapkan susu hangat Real Good. Susu Real Good dengan kemasan EAA (Ecolean) yang mirip “teko” sangat mudah untuk dikonsumsi dalam keadaan hangat. Ajarkan cara mempersiapkannya,  yakni gunting kemasan Real Good lalu masukkan dalam microwave atau cukup rendam susu Real Good dalam air hangat.  Minum susu saat sahur dan berbuka dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anak Baik saat berpuasa. (Baca juga: Manfaat Minum Susu Saat Sahur)

 

Penulis: Hanny

Editor: admin