Mengintip Keseruan Field Trip

Senin, 21 Januari 2019

Tak seperti biasanya, tanggal 12 Januari 2019 lalu, sekitar 400 anak dari 10 SD di Jakarta, Bogor, Serang, Bandung, Subang, Kudus, Banjar, Blitar, Wonogiri, dan Surabaya, mendatangi pabrik Real Good yang berada di Boyolali, Jawa Tengah. Mereka adalah teman-teman sekelas ke-10 pemenang hadiah field trip program undian "Anak Baik Real Good Berbagi", beserta guru kelas masing-masing, yang turut menikmati jalan-jalan ke pabrik Real Good dan sejumlah destinasi wisata di Yogyakarta dan Solo. Gratis! Karena semua biaya akomodasi dan transportasi mereka ditanggung oleh Real Good.

 

 

Setelah menempuh perjalanan bus dari sejumlah titik berkumpul, para peserta field trip langsung diajak keliling pabrik oleh ara pemandu, yang juga para karyawan pabrik Real Good. Sambil berkeliling, mereka sekaligus dijelaskan tentang proses awal pembuatan susu, pengolahannya yang higienis, hingga akhirnya bisa menjadi kemasan susu Real Good seperti yang biasa mereka nikmati.

 

 

Puas berkeliling, para peserta yang sebelumnya berkumpul di dalam tenda besar di area sekitaran pabrik, melanjutkan acara dengan penuh keceriaan. Kali ini Real Good mengajak peserta berlomba menyanyikan yel-yel bertemakan "Anak Baik Real Good". Para peserta pun menuangkan kreativitas mereka dalam yel-yel yang dibuat. 

Kelompok 1 dari SD Al-Wathoniah 9 Jakarta dan kelompok 3 dari SMPIT Al-Izzah Boarding School Serang keluar sebagai pemenang yel-yel. Sebagai hadiah, Real Good akan mengadakan Real Good Goes to School ke sekolah mereka. 

 

 

Acara di area pabrik Real Good pun ditutup dengan pengalungan medali oleh Real Good kepada kesepuluh pemenang program undian "Anak Baik Real Good Berbagi". Hal ini dimaksudkan sebagai simbolis penghargaan bagi mereka atas usaha mereka mengumpulkan dan mengirim tiga kemasan khusus susu Real Good yang telah mereka konsumsi. 

 

Kegiatan di Sabtu siang itu pun dilanjut dengan mengunjungi Museum de Tjolomadu di Karanganyar, Solo, Jawa Tengah. Di museum ini, para peserta diajak menambah wawasannya dengan mengintip salah satu pabrik gula terbesar di era penjajahan Belanda yang kini disulap menjadi destinasi wisata sejarah. Namun, barang-barang kuno bekas alat produksi gula pun masih lengkap tersedia. 

Tak heran jika mereka pun tampak terpesona melihat barang-barang di seisi museum ini yang masih terjaga kondisinya. Tak sedikit dari peserta yang berbondong-bondong mengabadikan momen ini dengan berfoto ria di depan salah satu mesin alat produksi gula zaman dulu ini. Sisanya, mereka melanjutkan langkah kaki mengelilingi museum dengan ceria.

 

 

Sebelum menuju Core Hotel di Kota Gudeg untuk beristirahat, Real Good mengajak para pemenang ke Panti Asuhan Klink Darul Ikhsan di Yogyakarta dan Panti Pelayanan Sosial Anak pamardi Utomo di Boyolali. Total ada 100 karton susu Real Good yang dibagikan kepada anak-anak di kedua panti asuhan tersebut. Jadi meskipun sedang bersenang-senang menikmati field trip, para peserta tak lupa untuk berbagi kepada teman-teman mereka yang membutuhkan.

 

Minggu pagi (13 Januari 2019) yang cerah dibuka dengan aktivitas para peserta field trip mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta. Berbagai wahana telah menanti di sana, terdiri dari 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan edukatif. Taman Pintar Yogyakarta memang menawarkan model edukasi atau pembelajaran yang memadukan konsep pendidikan dan permainan dengan media yang menarik sehingga dapat merangsang keingintahuan anak dan memancing kreativitas anak terhadap perkembangan IPTEK. Jadi, meski sedang liburan, para peserta karyawisata Real Good tetap bisa mendapatkan banyak ilmu.

 

 

Destinasi wisata terakhir yang dikunjungi para peserta field trip adalah Candi Borobudur di  Magelang. Meski selama kunjungan cuaca agak mendung disertai gerimis kecil, tapi semangat para peserta tak padam. Dengan segala keindahan dan pesona nilai historis Candi Borobudur, seluruh peserta seakan hanyut dalam keceriaan. Kamera ponsel hampir tak pernah absen mengabadikan momen mengasyikan sang pemiliknya. Hingga akhirnya, senja menjelang. Keriaan di Candi Borobudur harus berakhir. Peserta field trip pun berkemas pulang menuju kota asal masing-masing.

 

 

Sampai bertemu di event Real Good yang lain!

 

 

Penulis: Bagus Septiawan

Editor: Imelda

Tags: