Kalau Kesulitan dalam Pelajaran, Lakukan Ini Saja…

Rabu, 21 Maret 2018

Terkadang, kita perlu akui memang ada masa-masa sulit dalam belajar. PR menumpuk, materi ulangan begitu banyak, dan ujian akhir semester yang semakin dekat. Uh..., rasanya ingin sekali berhenti sekolah.  

 

Pada saat-saat seperti ini, yang kamu butuhkan adalah pemacu yang bisa membangkitkan hasrat untukmu mau kembali belajar.  Apa itu? 

 

Rasa syukur bahwa kamu adalah anak yang beruntung. Kamu perlu selalu ingat bahwa banyak anak yang begitu mendambakan pendidikan. Pernah mendengar tentang Malala Yousafzai? Betul, dia adalah seorang remaja putri Pakistan yang pernah ditembak di kepalanya “hanya” gara-gara ingin memperjuangkan haknya untuk bersekolah.

 

Nah, untuk itulah kamu perlu bersyukur karena dapat bersekolah dengan nyaman, tanpa ada yang bisa melarang. Kalaupun menghadapi kesulitan-kesulitan dalam belajar, jangan pernah berputus asa, karena solusinya tinggal dicari.  

 

Ini beberapa contohnya:

 

Sulit mengatur waktu dengan baik 

Terkadang memang ada berbagai aktivitas yang lebih menggoda ketimbang belajar, seperti main Xbox, PS4, nonton Youtube atau lainnya. Namun di sinilah tantangannya. Kamu harus bisa belajar mengatur waktu dengan lebih baik. Bukan berarti kamu tidak boleh bermain, boleh kok. Tapi, semua ada waktunya: ada waktu untuk bermain, ada pula waktu untuk belajar dan mengerjakan PR, dll.

Tuliskan dengan rapi jadwal harian kamu dan tempel dekat meja belajar. Dengan memiliki pembagian waktu yang baik, kamu akan memiliki jam-jam tertentu untuk belajar setiap malam. Percayalah  cara ini akan membuatmu terhindar dari kebiasaan belajar yang buruk, seperti SKS, alias Sistem Kebut Semalam. 

Belajar rutin setiap hari di rumah juga akan membuka peluang lebih besar untukmu mendapat nilai yang lebih memuaskan.

 

Sulit mencari tempat belajar yang tepat 

Belajar di depan TV, tentu bukan tempat belajar yang disarankan karena perhatian kamu dapat dengan mudah teralihkan. Tempat ideal untuk belajar adalah ruangan yang lebih sepi dengan penerangan yang memadai. Sebisa mungkin, jauhkan juga telepon genggam dan benda-benda yang dapat menganggu perhatianmu saat belajar.

 

Sulit menemukan metode belajar yang menyenangkan

Salah satu metode yang fun adalah dengan menghubungkan materi yang sedang dipelajari dengan kehidupan nyata sehari-hari. Saat kamu sedang belajar tentang hewan berkaki empat, misalnya, kenapa tidak kamu pelajari kucing peliharaanmu? Atau ketika tengah mempelajari tumbuhan, cari berbagai tanaman di sekitar rumah yang kira-kira dapat mendukung materimu itu. 

 

Sulit berpikir positif 

Berada dalam pola pikir yang benar bisa membuat banyak perbedaan. Dorong dirimu untuk selalu berpikir positif. Ubah pernyataan negatif seperti, "Aku enggak akan punya waktu untuk mengejar seluruh materi dalam ujian ini," menjadi yang lebih postif, "Dengan menyusun jadwal belajar yang tepat, aku pasti bisa mempelajari dengan baik semua materi ujian."

 

Sulit memahami materi pelajaran

Buat kelompok studi. Belajar bersama dapat membantumu lebih memahami materi pelajaran. Kamu dan teman-teman juga bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat, ketimbang saat harus mengerjakannya sendiri. Pastikan untuk selalu berbagi ilmu saat belajar bersama. Untuk mengurangi gangguan dan mendapat manfaat maksimal, jaga agar kelompok studimu tetap kecil. 

 

Semoga tips-tips di atas dapat mengatasi kesulitan belajarmu!

 

 

Penulis: Hanny

 

Editor: Imelda