Ini 5 Pelajaran Berharga yang Kamu Dapat Saat Menolong Ibu di Dapur

Selasa, 3 April 2018

Kesannya lebay, ya. Tapi ini benar, lho. Ada beberapa pelajaran yang tak terduga saat kamu membantu ibumu di dapur. 

Nggak hanya saat membantu ibu memasak, namun juga sewaktu membuat kue, bahkan saat sekadar menolong membacakan resep, kamu sudah dapat manfaat.

Nggak percaya, kan? Nah, yuk, kita buktikan: 

 

  1. Membantu memasak. Ketika mengukur bahan-bahan masakan, banyak angka pecahan yang kamu temukan: ½, ¼, ¾, dll. Di sinilah kamu bisa langsung mempraktekkan pengetahuan matematikamu.
  2. Merancang menu. Kamu bisa belajar merancang makanan sehat dan bisa langsung menerapkan gizi seimbang yang kamu baca di buku pelajaranmu.
  3. Menolong membaca resep. Saat membaca resep, mungkin kamu menemukan kata-kata yang belum pernah kamu dengar. Nah, kamu bisa menambah kosakata baru kamu, kan?
  4. Membuat kue. Ini bagus buat kamu belajar tentang urutan, apa yang perlu kamu tambahkan terlebih dahulu, mengapa langkah 1 harus dilakukan sebelum langkah 2, dsb. Karena kalau nggak sesuai urutannya, bisa-bisa kue itu nggak jadi, alias bantat.
  5. Menyiapkan makanan. Terkesan sederhana, tapi kegiatan ini dapat meningkatkan rasa penghargaan kamu terhadap makanan yang disajikan. Soalnya, kamu mengetahui semua kerja keras yang dilakukan untuk membuatnya.

 

Beberapa hal lain yang bisa kamu peroleh saat membantu ibu di dapur adalah kamu belajar tentang keselamatan diri, karena di sana kamu banyak  berkegiatan di dekat api dan sekitar peralatan masak yang panas.

Melihat ayah, ibu, dan saudara-saudara menikmati apa yang kamu sajikan, juga akan membuatmu bangga dan tambah pede akan kemampuanmu. 

Tapi, yang paling penting, di antara yang penting, sih, saat membantu ibu, kamu akan melihatnya tersenyum, dan kamu tahu bahwa alasan ibumu tersenyum adalah kamu. 

Ah... bahagianya!

 

Penulis: Hanny

Editor: Imelda