6 Manfaat Susu Untuk Kesehatan

Jumat, 9 November 2018

Beragam kandungan mineral dan vitamin dalam susu memang memberikan banyak manfaat baik bagi anak. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, antara lain membantu mencegah osteoporosis, berkat kandungan kalsium dan vitamin D-nya, susu juga membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan, serta menjaga kesehatannya.

 

Di bawah ini adalah berbagai manfaat susu bagi kesehatan, selain kesehatan tulang:

 

1. Melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. 

Kandungan potasium dalam susu dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Studi menunjukkan, mereka yang mengonsumsi 4.069 mg potasium per hari memiliki 49% risiko kematian yang lebih rendah dari penyakit jantung iskemik dibandingkan mereka yang mengonsumsi sekitar 1.000 mg per hari. Iskemik adalah kekurangan suplai darah ke jaringan tubuh karena permasalahan pada pembuluh darah.

 

2. Mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Mark Houston, direktur dari Hypertension Institute di St. Thomas Hospital, Tennessee, AS, mengungkap bahwa meningkatkan asupan kalium dan mengurangi natrium dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Makanan kaya kalium termasuk jeruk, tomat, bayam, pisang, plum, dan tentu saja susu.

 

3. Memberikan perlindungan dari kanker.

Vitamin D pada susu ternyata juga menawarkan perlindungan dari kanker. Hasil riset The National Cancer Institute (NCI) mendukung hubungan antara asupan kalsium yang lebih tinggi dengan risiko kanker usus besar yang berkurang. Mereka juga mencatat, peningkatan asupan kalsium dan laktosa dari produk susu dapat membantu mencegah kanker ovarium. 

 

4. Mencegah depresi.

Masih terkait dengan kandungan vitamin D dalam susu, vitamin ini dipercaya dapat mendukung produksi serotonin, yakni hormon yang terkait dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan depresi, kelelahan kronis, dan PMS (premenstrual syndrome atau sindrom yang muncul sebelum datangnya haid).

 

5. Meningkatkan massa dan kekuatan otot.

Susu juga merupakan sumber energi. Protein susu yang berkualitas tinggi membantu mempertahankan jumlah otot yang sehat dan berkontribusi terhadap penurunan dan pemeliharaan berat badan.  Menurut Today's Dietitian, analisis lebih dari 20 uji klinis menunjukkan peningkatan asupan susu dapat meningkatkan massa dan kekuatan otot selama latihan  beban pada orang dewasa.

 

6. Menurunkan risiko osteoarthritis.

Osteoarthritis (pengapuran sendi) pada lutut saat ini tidak memiliki penyembuhan, tetapi para peneliti mengatakan minum susu setiap hari telah dikaitkan dengan penurunan perkembangan penyakit ini. Penelitian mereka dipublikasikan di American College of Rheumatology Journal Arthritis Care & Research.

 

Sumber: https://www.medicalnewstoday.com

Penulis: Hanny

Editor: Imelda