Benarkah Saat Batuk dan Pilek Tidak Boleh Minum Susu?

Selasa, 26 Juni 2018

Moms tentu pernah membaca kalau flu yang disebabkan virus adalah self limited disease atau penyakit yang bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan apa pun. Yang penting, saat terserang flu, kita perlu minum banyak. Sebab, beberapa gejala flu, seperti pilek dan berkeringat (saat kita demam), akan meningkatkan jumlah cairan tubuh yang hilang.  

Selain itu, minum banyak cairan membantu mencairkan ingus dan mengurangi hidung mampet. Tetap terhidrasi selama menderita flu, juga memastikan tubuh lebih kuat untuk melawan virus flu.

Minumlah paling sedikit delapan gelas (ukuran 250ml) cairan setiap hari. Apa yang harus diminum? Air putih adalah yang terbaik karena akan membantu melumasi selaput lendir tenggorokan. Minuman hangat juga pilihan yang tepat karena uap panasnya sekaligus dapat mengurangi hidung mampet.

Bagaimana dengan susu? Ada yang mengatakan, minum susu ketika sedang flu dapat memicu tubuh menghasilkan lebih banyak lendir. Namun ternyata, hal ini tidak terbukti.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan American Review of Respiratory Disease, asupan susu tidak terkait dengan peningkatan lendir, gejala batuk, atau hidung mampet pada penderita flu. Berbagai penelitian juga menunjukkan tidak ada hubungan antara asupan susu dan terjadinya gejala asma. Dalam kasus yang jarang, asma dapat terjadi pada individu dengan alergi terhadap susu sapi, tetapi ini tidak khas untuk penderita asma.

Menariknya, banyak orang yang  terlibat dalam penelitian, dan meyakini ada hubungan antara konsumsi susu dan pembentukan lendir, melaporkan bahwa setelah minum susu, mereka mengalami gejala gangguan pernapasan dan merasakan ludah lebih banyak, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak yakin dengan hubungan ini. Padahal dalam percobaan tersebut, yang diberikan adalah minuman plasebo yang terbuat dari kedelai.

Jadi Moms, bahwa produk susu tidak boleh dikonsumsi saat kita menderita flu adalah mitos. Minum susu Real Good, misalnya, justru bisa memberikan kalori tambahan di masa penyembuhan karena banyak penderita tidak punya nafsu makan saat sedang mengalami batuk pilek. Susu juga merupakan sumber kalsium terbaik, serta mengandung nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan selama masa penyembuhan.

Editor: Imelda