Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

Sabtu, 13 Januari 2018

Sebelum atau sesudah makan, ya?

Susu memang kaya kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, kalsium, dan vitamin. Karena alasan itu, tak heran jika banyak good moms juga yang memilih susu untuk konsumsi sehari-hari anak, sebagai pelengkap asupan gizi yang belum didapatkan dari makanan.

 

Namun, yang sering menjadi kebingungan good moms, kapankah sebaiknya susu diminum, agar good kids mendapatkan semua kebaikan susu tersebut?

 

Dr. Darian Mandala Sofian, dari haiDokter, mengatakan bahwa sampai saat ini sebenarnya tidak ada patokan kapan waktu minum susu yang tepat, karena tergantung kepada kebiasaan setiap orang.

 

Meski begitu, memang saat perut kosong, penyerapan sangat baik, sehingga bila susu diminum sebelum makan, seharusnya tak memiliki efek samping. Kandungan gizinya malah akan diserap dengan baik. Tetapi, bukan berarti susu dapat dijadikan pengganti sarapan, ya, Moms.

 

Karena bagaimanapun, menurut pakar gizi dr. Marudut, B.Sc., MPS, susu bukanlah asupan utama dan tidak bisa menggantikan makan besar.

 

Jadi, “Bebas-bebas saja mengonsumsi susu dalam bentuk apapun dan kapan saja; pagi, siang, sore, atau malam, setelah atau sebelum makan, asal disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing,” tambahnya.

 

Yang perlu diingat, susu akan memberi volume pada lambung. Akibatnya, jika susu diberikan kepada anak sebelum waktu makannya, maka kata Dr. dr Saptawati Bardosono, MSc, dari Universitas Indonesia, hal itu bisa membuat perut anak kekenyangan, dan jadi malas makan.

 

Jika hal itu terjadi, berbagai nutrisi penting, yang seharusnya didapatkan dari makanan pun tidak akan didapatkan anak. Bahkan, bukan tak mungkin, karena perutnya ‘penuh’, ia pun bisa merasa mual dan muntah.

 

Oleh karena itu, sebaiknya berikanlah jarak dua jam sebelum makan untuk anak minum susu. Begitu juga, jika Moms ingin memberikan susu kepada anak setelah ia makan. 

 

Hal itu bermanfaat untuk mencegah efek terlalu kenyang pada anak. Jeda waktu pun membuat kandungan kalsium di dalam susu dapat benar-benar diserap oleh sistem pencernaan dengan baik.

 

Jadi, kapan minum susunya? Sesudah atau sebelum makan?
Jawabannya, BEBAS, kok!

Yuk, minum susu! 

Editor: piens23