Inilah Sumber Kalsium Terbaik

Senin, 23 April 2018

Berbicara tentang kalsium, kita langsung teringat tulang dan gigi, ya, Moms? Ini benar banget karena di dalam tubuh manusia, mineral tersebut sebagian besar ditemukan di tulang dan gigi, sementara sisanya disimpan di jaringan atau darah. Nggak heran, kalsium sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Sayang, kita masih kurang memerhatikan asupan kalsium, ini menurut hasil survei, lho. Surveinya memang bukan di Indonesia, namun di negara tetangga kita, Australia. Menurut data Survei Gizi Australia yang diterbitkan pada tahun 1995, sekitar 90% wanita dan 70% anak-anak tidak mencapai asupan makanan yang disarankan (RDI) untuk kalsium. 

Yang perlu diketahui, mendapatkan kalsium dari makanan jauh lebih baik daripada suplemen. Sebab, terlalu banyak kalsium (2.000mg atau lebih) juga tidak baik karena dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Salah satu sumber kalsium terbaik adalah susu atau makanan olahan susu. Untuk itulah, sebaiknya susu dimasukkan ke dalam diet anak-anak  karena mereka memiliki kebutuhan kalsium yang tinggi (sekitar 2.500mg/hari). Seperti kita ketahui, kekurangan kalsium dapat menyebabkan gangguan, seperti osteoporosis (penyakit tulang rapuh), di kemudian hari.

Nah, Moms siap memberi Good Kids asupan kalsium yang cukup? Berikut beberapa inspirasi sumbernya;

 

1. Susu dan produk susu. Satu gelas susu Real Good, misalnya, dapat menyediakan sekitar 300mg kalsium pada Good Kids. Produk susu lain, seperti yoghurt, juga mengandung mineral ini.

2. Sayuran berdaun hijau. Contoh, brokoli, sawi, bok choy, dan bayam. Satu cangkir bayam yang dimasak mengandung 100mg kalsium, meskipun hanya 5% yang dapat diserap oleh tubuh. Mengapa? Karena konsentrasi oksalat dalam bayam tinggi. Oksalat merupakan senyawa yang dapat mengurangi penyerapan kalsium. Sebaliknya, satu cangkir brokoli yang dimasak mengandung “hanya” 45mg kalsium, tetapi penyerapan dari brokoli jauh lebih tinggi sekitar 50–60%.

3. Kedelai. Tahu, tempe, dan minuman kedelai yang diperkaya kalsium.

4. Ikan. Seperti, ikan sarden dan salmon (dengan tulang). Setengah cangkir salmon kaleng, misalnya, mengandung 402mg kalsium.

5. Kacang dan biji-bijian. Contoh, kacang brasil, kacang almond, dan  biji wijen. Lima belas butir almond, umpamanya, mengandung sekitar 40mg kalsium.

6. Makanan yang diperkaya kalsium. Satu cangkir sereal yang diperkaya kalsium (40g), misalnya, mengandung hingga 200mg kalsium. Sementara ½ cangkir jus jeruk yang diperkaya kalsium (100ml) mengandung hingga 80mg kalsium, dan dua potong roti (30g), yang diperkaya kalsium, menyediakan 200mg kalsium.

 

Sumber: www.betterhealth.vic.gov.au

Penulis: Hanny

Editor: Imelda