Nutrisi Yang Harus Didapat Anak Saat Berpuasa

Kamis, 17 Mei 2018

Berbicara tentang nutrisi saat berpuasa sebenarnya tidak berbeda dengan kebutuhan nutrisi Good Kids sehari-hari. Betul, mereka tetap membutuhkan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Dari mana mendapatkannya? Ini pun tidak berbeda dari hari-hari sebelumnya, yakni dari makanan yang seimbang dan bervariasi.

“Seimbang” artinya Good Kids perlu mendapat gizi secara ideal, yakni karbohidrat sekitar 50%-60%, protein 15%-20%, lemak tidak lebih dari 30%, serta vitamin dan mineral dalam jumlah sedikit.

Sementara arti “bervariasi” lebih pada keanekaragaman makanan yang dikonsumsi anak saat sahur dan berbuka. Untuk itu Moms, hindari menyajikan makanan yang itu-itu saja.

Karbohidrat
Saat berpuasa, sekitar 40-45% kebutuhan karbohidrat yang diperlukan tubuh harus dapat terpenuhi saat sahur. Asupan karbohidrat ini akan menjadi bekal energi hingga waktu berbuka tiba. Namun tidak semua karbohidrat sama. Yang disarankan adalah karbohidrat kompleks karena karbohidrat ini menyediakan energi berkelanjutan sehingga tubuh tidak mudah lelah. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain beras merah, oats, kentang, jagung, ubi jalar, buah pisang, dsb.

Nah, ketika bekal karbohidrat yang digunakan telah habis, protein dalam tubuh akan terpakai. Karena itu, kelompok protein, seperti daging sapi, ayam, ikan, telur, keju, dan susu,  harus terpenuhi juga dengan baik.

Lemak
Asupan lemak pun bermanfaat untuk memasok energi bagi tubuh. Namun sebaiknya tidak berlebihan karena makanan berlemak (misalnya, gorengan) dapat menyebabkan pencernaan anak tidak nyaman dan dapat meningkatkan berat badannya.

Vitamin dan Mineral
Terakhir, kelompok makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan mineral, meski kebutuhannya hanya sedikit, ini yang justru terkadang kurang tercukupi. Untuk itulah, menikmati buah dan sayur  amat disarankan karena buah dan sayur mengandung berbagai vitamin dan serat tinggi sehingga dapat membantu mengurangi rasa lapar saat berpuasa.

Untuk memenuhi berbagai vitamin dan mineral lainnya, seperti kalsium, zat besi, seng, vitamin D, dsb, Good Kids dapat minum susu saat sahur dan berbuka. Susu, seperti Real Good, mengandung vitamin dan mineral yang membuat Good Kids bisa tetap aktif, sehat, dan kuat ketika menjalankan ibadah bulan Ramadhan ini. Karbohidrat dalam susu pun dapat memasok energi yang cukup dan mencegah anak merasa lesu atau lelah.

Selamat menjalankan ibadah puasa!

Penulis: Hanny

Editor: Imelda