Fakta & Mitos Minum Susu Tiap Hari

Minggu, 28 Januari 2018

Inilah mitos dan fakta menurut pakar gizi Emilia Achmadi MS.,RD, yang mengatakan bahwa :

NO

MITOS

FAKTANYA

   1.

Susu hanya untuk anak dalam masa pertumbuhan.

 

Semakin dewasa manusia, kadar susu yang dibutuhkan justru semakin besar. Bayi hanya membutuhkan sekitar 500cc susu perhari, ketika dewasa jumlah ini meningkat jadi 1.000 hingga 1.200cc perhari.

 

   2.

Fungsi susu adalah meningkatkan jumlah kalsium yang berfungsi sebagai penguatan tulang.

 

Benar di dalam susu terdapat kandungan vitamin D dan kalsium yang berfungsi menguatkan gigi dan tulang. Susu juga memiliki 9 protein paling lengkap dibandingkan sumber lainnya sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah alergi.
 

   3.

Susu merusak program diet

 

Sebenarnya, susu justru baik untuk membantu proses diet karena susu mampu menggantikan nutrisi tubuh yang hilang serta menambah protein. Resiko tulang kropos saat menjalani diet pun tak akan terjadi jika mengonsumsi susu setiap hari.

 

  4.

Gula dan lemak dari susu menggemukkan tubuh.

 

Gula dan lemak dalam susu adalah alami. Jadi, sebenarnya susu bisa mensukseskan program diet. Salah bila orang memiliki persepsi bahwa susu bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas.

 

  5.

Hanya susu putih murni yang baik untuk diminum

 

Tidak selalu, bahkan banyak pakar gizi menyarankan agar para atlet minum susu cokelat setelah selesai olahraga untuk  menggantikan energi yang hilang.

 

   7.

Susu cair, bubuk, dan kental manis memiliki nutrisi dan manfaat yang sama.

 

Susu cair segar, susu bubuk dan susu kental manis tidak memiliki kandungan nutrisi yang sama. Satu sama lain berbeda semua.

 

  8.

Minum susu setiap hari membuat anak berpotensi kena obesitas

Faktanya minum susu dua gelas sehari mampu memberikan manfaat optimal pada anak. Tetapi, jika diminum berlebihan menimbulkan gangguan penyerapan zat besi.

 

 

Nah, Good Moms sekarang sudah yakin, kan, bahwa susu sebenarnya memang bisa dikonsumsi setiap hari, minimal satu hingga tiga gelas sehari agar tubuh selalu mendapatkan asupan gizi dan nutrisi baik.

 

University of Toronto dan Rekomendasi Dietary Guidelines for Americans tahun 2015 telah mempublikasikan aturan standar mengonsumsi susu dalam jurnal Pediatrics, yaitu 2-3 gelas sehari. Jika lebih, maka anak justru berisiko kekurangan zat besi.

 

Selain itu, konsumsi susu berlebihan juga dapat menimbulkan rasa kenyang dan mengganggu nafsu makan. Makanya, minumlah susu sesuai anjuran dan aturannya, ya.

 

Yuk, minum susu setiap hari!

 

Editor: piens23