Tips Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Sekolah Yang Aktif bergerak

Kamis, 12 September 2019

Aktivitas fisik sangat penting bagi Anak Baik karena dapat membantu meningkatkan kesehatannya. Jadi, dorong Anak Baik untuk aktif bergerak ya Bu. Ikut klub olahraga, pramuka, teater, apa saja boleh, asalkan positif. 

 

Nah, anak yang aktif perlu gizi yang baik. Agar mereka penuh energi sepanjang hari, Anak Baik perlu 3 kali makan utama dan 2 kali makan camilan. Jadi kira-kira mereka perlu makan setiap 3-4 jam sekali. 

 

Berikut tips untuk memenuhi kebutuhan gizi. Anak usia sekolah yang aktif bergerak: 

1. Selalu sajikan sarapan

Meskipun buru-buru, Anak Baik perlu sarapan.  Satu studi menemukan tidak sarapan membuat anak jadi harus “puasa” sampai pagi dan memiliki efek buruk pada memori dan perhatiannya saat di kelas. Bila terburu-buru, sajikan sarapan sederhana, seperti sereal dan susu Real Good, sehingga dapat membantu menjaga konsentrasi anak saat di sekolah.

 

2. Perhatikan bekal 

Sebagian kebutuhan gizi anak ada pada bekal yang dikonsumsi anak di sekolah. Jadi sebisa mungkin bekal harus  sehat dan bisa memberi energi anak selama di sekolah. Contoh, sandwich isi telor ceplok, daging, lalu tambahkan sedikit keju dan salad untuk meningkatkan nilai gizi. Isi juga kotak bekal dengan buah, air putih, dan susu Real Good.

 

3. Mumpung lapar, kasih sayuran

Manfaatkan rasa lapar anak sepulang sekolah  dengan menyajikan camilan sehat, seperti sayuran dan buah. 

 

4. Jangan lupa camilan

Ngemil itu enggak jelek malah dibutuhkan untuk mengganjal perut sebelum waktu makan utama tiba. Namun ngemil itu ada waktunya, enggak sepanjang hari. Makanan ringan, seperti biskuit, keripik, boleh-boleh sesekali untuk camilan. Tetapi Anak Baik perlu dibimbing untuk memilih camilan yang lebih sehat. Dari pada camilan tinggi gula dan garam, sarankan ia memilih camilan sehat, seperti salad buah atau susu Real Good, misalnya.

 

5. Jadi panutan saat makan bersama

Usahakan satu kali dalam sehari, Ibu bisa makan bersama keluarga. Selain bisa ngobrol dengan anak-anak, makan bareng memungkinkan Ibu menjadi panutan. Jadi, biarkan anak-anak melihat Ibu selalu memilih makanan yang sehat, ya.

 

6.Minuman pun harus sehat

Yang terbaik adalah air putih dan susu, Real Good, misalnya. Susu Real Good dilengkapi berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang anak. Salah satunya kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang mereka.

 

Penulis: Hanny

Editor: admin